Minggu, 24 Februari 2013

artikel Pentingnya belajar bahasa inggris


Pentingnya belajar bahasa inggris

Di era modern seperti ini menguasai bahasa inggris sangatlah penting . Sebab,bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di sebagian besar Negara didunia. Bahasa inggris bias menghubungkan berbagai Negara didunia. Selain untuk berkomunikasi bahasa inggris juga sangat diperlukan antara lain untuk pendidikan karena sebagian besar buku ditulis dalam bahasa inggris.Selain itu, bahasa inggris juga sebagai sarana yang ampuh untuk menaklukan internet serta akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.
Di Indonesia bahasa inggris merupakan bahasa asing yang dipelajari dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bahasa inggris adalah salah satu pelajaran yang di-UNAS-kan ditingkat SMP dan SMA. Maka bahasa inggris penting untuk dikuasai.Namun tak mudah bagi pelajar Indonesia mempelajari bahasa inggris karenya banyak hal yang harus dipelajari diantaranya kosakata (vocabulary ),pengucapan (pronounciation) dan tata bahasa (grammar ).
Tingginya tingkat kesulitan inilah yang menimbulkan banyaknya siswa sekolah enggan untuk mempelajari bahasa inggris. Alasan mereka beragam. Diantaranya karena bahasa inggrisdianggap terlalu rumit, bahasa inggris adalah pelajaran yang serius tidak bias santai dan pelajaran yang menakutkan. Karena anggapan bahwa  bahasa inggris itu sulit dan menakutkan maka siswa-siswi menjadi tidak bersemangat dan tidak respect terhadap pelajaran tersebut, Akhirnya hal ini berpengaruh terhadap nilai pelajaran.
Tidak Sulit
Meskipun bukan bahasa asli orang Indonesia,sebenarnyan bahasa inggris bukan hal yang mustahil untuk dipelajari. M engutip perkataan Gordon Dryden dalam presentasinya pada konferensi The People Network Mastermind, Dallas, Texas, Juni 1996 terhadap beberapa fakta sederhana tentang bahasa inggris. Enam fakta itu adalah bahasa inggris memiliki total 550.000 kata, hanya 2.000 – 3.000 kata yang digunakan dalam 65 % tulisan pada umumnya. Tiga fakta lainnya adalah bahasa inggris memiliki 26 huruf dan 44 jenis bunyi, Cuma ada 70 kombinasi ejaan utama dan kata kuncinya adalah fonetik.
Berdasarkan kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebenarnya bahasa inggris tidak sesulit yang kita sangka selama ini. Asalkan kita menyukai dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa ini,kita pasti akan bisa. Dengan kata lain kunci keberhasilan dan kesuksesan adalah seseorang harus mempunyai gairah belajar. Menurut Marilyn king,rumus keberhasilan adalah gairah yang bervisi dan misi. Jadi untuk menuju kesuksesan seorang harus mempunyai motivasi dan tujuan  (visi). Dalam mereakisasikan tujuan  seseorang harus mempunyai upaya-upaya (misi).

Mudah karena kebiasaan
Magnesen mengatakan kita manusia belajar 10 % dari apa yang kit abaca, 20 % dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50 % dari apa yang lihat dan dengar, 70 % dari apa yang kita katakan dan lakukan .
Mengacu dari apa yang dikatakan Vernon,sebenarnya segala hal dapat dipelajari karena factor kebiasaan.manusia dapat belajar 50% dari yang dilihat dan didengar karena dia sulit terbiasa. Factor kebiasaan kemudian melekat dalam memorinya,sehingga menjadi energy pendorong untuk mempelajarinya.
Demikian pula halnya dengan belajar bahasa inggris. Kita dapat memulai menyenangi bahasa inggris dengan melakukan hal-hal yang bersifat kebiasaan dan menyenangkan dan tidak langsung mempelajari teks-teks pelajaran bahasa inggris. Misalnya sering membaca teks bahasa inggris dan yang paling penting membiasakan diri berbicara dengan bahasa inggris. Bila perlu pola pembiasaan komunikasi dengan bahasa inggris diciptakan dengan menentukan hari-hari khusus untuk praktik berbicara ( speaking ).selama langkah-langkah tersebut dilakukan yakinlah bahwa bahawa bahasa inggris bukan momok yang menakutkan lagi. Selanjutnya kita akan merasa bahwa bahasa inggris merupakan pelajaran yang menyenangkan sehingga akhirnya kita bisa menguasai bahasa inggris dengan mudah. Semoga.
                                                 By : Ria vilda S.N
                                               02 November 2010

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih.. artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi