Senin, 16 April 2012

kumpulan seutas puisi_alfin

 untukmu kasih

Pagi yang cerah bertabur cinta..
Menatap indahnya lazuardi bersinarkan pelangi..
Tanpa asa..kutatap ayu parasmu..
membawaku dalam indahnya jiwa..
Betaburkan cahaya terang dalam nurani..

... Bahagia aku mendambamu...
Bahagia aku mencintamu...

Hati ini mengukir namamu..
Hati ini melukis wajahmu..
Hati ini slalu merindu akan hadirmu..

Rasa gelisah saat kau jauh..
Mencipta gejolak rindu dalam hatiku..
Ooh kasihku..
Aku terlalap tanpa hadirmu..
Hatiku hampa tanpa cintamu...

Kasih...
Hanya kepadamu aku merindu...
Hanya padamu ku tambatkan hatiku..
Dan hanya untukmu, kucurahkan semua cintaku.


by: ALFIN_cotton

Jumat, 13 April 2012

moment indah bersama sahabat sejati_astiy_forever


Momen-momen yang tak terlupakan bersama sang sahabat sejati
                Kisah semasa SMA  aku adalah seorang siswa di sebuah SMA di sebuah desa yang terletak  tidak terlalu jauh dari jalan raya provinsi. Namun sekolahku ini bertarafkan non islami (Sekolah Menengah Atas).  Namaku berinisial “A” .Masa-masa seperti saat inilah saat_nya mencari jati diri kita sendiri dan tentunya salalu dihiasi oleh momen – momen bahagia maupun duka .Momen bahagia disaat kita mendapat sahabat baru maupun mendapat pasangan kekasih untuk sementara .
Kisah ini berawal dari pertemuan dan perkenalan singkat di pagi itu di sebuah rumah berada di desa tepatnya dirumahku  dan  pertemuan singkat itulah yang  menciptakan suatu ikatan yang cukup harmonis . fikirku pun bermaksud baik ,menjalin persahabatan dengan mereka, karena dunia akan terasa jadi mudah apabila kita mempunyai sahabat yang berhati mulia bening laksana mutiara .Sahabat yang selalu memberikan motivasi ikhlas, memberi nasehat, mengajak berbuat yang lebih baik,melarang berbuat maksiat (perbuatan yang  menimbulkan dosa ),suka berbagi ilmu ,menjaga rahasia ,menutupi aib ,menginginkan kebaikan seperti menginginkan kebaikan untuk dirinya sendiri, namun mengapa perasaan ini datang  sendiri ,dari perasaan itulah aku ingin mengajak jalan berdua untuk mengenal lebih dekat tentang dirinnya .
Aku  mewujudkan impian ku untuk mendekati dia. Dengan cara sms (send message) didalam  sms aku mencoba untuk merayu agar dia mau jalan sama aku. Dengan rayuan gombal bagaikan tangan menepuk air  dan pada akhirnya perasaan nya tergoda dengan rayuan gombal tersebut dan akhirnya aku dan dia menentukan hari yang tepat .sebut saja dia sie “H” (salah satu murid di sebuah sekolah yang bertarafkan islami) didaerah Bojonegoro . Hari tersebut aku tentukan tetapi “H” memberi syarat agar aku merayu ibunya untuk dibolehkan atau direstui keluar dengan aku.
Setelah aku menunggu hari yang aku tunggu tiba. di pagi itulah aku mandi dan bergegas untuk pergi kerumahnya. Sesampainya dia menunggu kedatangan ku setelah itu aku berpamitan dengan kedua orangnya untuk mendapatkan restu. Disaat perjalanan menuju salah satu wisata d daerah tuban sesampainya disana. Aku bersenang – senang ( bermain air dan membuat istana dari pasir). Setelah aku puas bermain disana.
 aku melanjutkan perjalanan pulang diwaktu perjalanan pulang .perjalanan saya sempat terganggu hujan dan pada akhirya aku memutuskan untuk berteduh disalah satu kios yang berada di daerah kali rejo dikios tersebut aku sempat bertengkar gara –gara memutuskan siapa dulu yang harus minum duluan. Aku tidak mau minum karena dia yang membeli minuman ,sedangkan dia tidak mau minum duluan karena dia lebih muda dariku dan akhirnya saya mengambil sedotan 2  buat minum bersama setelah itu hujan pun reda dan akhirnya aku mengantar dia pulang .setelah sampai tiba dirumah dia aku beristirahat sebentar untuk menghilangkan lelah .Setelah itu aku minta pamit pada orang tua nya untuk pergi pulang sesampainya di rumah.
 Berfikir semua itu tidak boleh menyiksa perasaanku karena hujan yang indah pada sore itu,tetapi harus membahagiakanku karena dialah sahabat duka yang selalu ku rindu .Tak seharusnya pula ia memberi kecewa  pada batin yang merana karena syair puisi senantiasa tercipta pada saat kedatangan nya tapi mengapa kehadirannya kali ini amat sangat tak ku harapkan bagai gersang pelatar taman yang telah lama di tinggalkan usang merobek lembar masa harapan untuk suatu kesalahan ,kekecewaan yang senantiasa kelam terpendam dan terkuatkan bila datang .semua pengalaman ini tak bisa aku lupakan untukku karena telah memiliki sahabat wanita sepertinya .     

Jumat, 06 April 2012

proposal PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA

ANALISIS PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG













 










Guru Pembimbing: Marina Noor Fianti,S.Pd
Disusun oleh:
1.) Alfin hidayatullah                  (02)
2.) Henny Rosinta                       (10)
3.) Moralinda Cahyani                (14)
4.) Siti Nur Alfiyah                      (20)
5.) Susi Linda Sari                        (21)
6.) Widya Firda Fitriani              (23)

Kelas XI IPA 1
SMA NEGERI 1 BALEN
Tahun ajaran 2011/2012






HALAMAN PENGESAHAN

PROPOSAL PENELITIAN YANG BERJUDUL
ANALISIS PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG

Telah dibaca dan disetujui pada tanggal 16 November 2011



                                                                                                                    Bojonegoro, 16 november 2011
      Mengetahui                                                             mengesahkan
Kepala SMAN 1 BALEN                                             Guru Pembimbing
































KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat allah SWT, karena atas izin-Nyalah kami dapat menyelesaika proposal ini tanpa ada hambatan yang berarti ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada orang tua, bapak ibu guru khususnya guru pembimbing serta tak lupa kepada teman – teman yang telah bekerja sama dalam menyelesaikan tugas ini.
Kami menyadari, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses belajar. Proposal ini masih banyak memiliki kesalahan dan kekurangan oleh karena itu kami sangat berharap adanya kritikan dan saran positif yang dapat kami gunakan untuk memperbaiki  proposal ini agar lenih baik.
Kami juga berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Amien

Bojonegoro, 16 November 2011




                                                                          Penulis















BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Akhir – akhir ini sebagian besar anak usia remaja yang seharusnya sekolah tapi mereka memilih untuk bekerja. Terurtama anak perempuan yang enggan untuk melanjutkan sekolah. Hal ini disebabkan oleh factor ekonomi, factor keinginan pribadi, dan factor lingkungan khususnya keluarga. Misalnya ayah dan ibu yang memiliki kesdarran kurang terhadap oendidikan anaknya.
Sebagian besar orang tua berfikir, bahwa anaknn perempuan meskipun di sekolahkan setinggi apapun , pada akhirnya jug akan menjadi seorang ibu rumah tangga dengan kata lain bekerja di dapur. Factor ekonomi yang semakin lama semakin bertambah tinggi  sedang membalit warga masyarakat di pedeesaan memang selalu dinjadikan alas an bahwa mereka tidak melanjutkan sekolahanaknya. Anaknya Cuma bisa memendam keinginan skolah . hal inilah yang akan menjadi bahan penelitian untuk proposal tenteng menyakinkan orang tua akan pentingnya pendidikan bagi remaja.
1.2   Rumusan masalah
1.       Bagaimana cara meingkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak usia remaja?
2.       Bagaimana cara mengubah opini warga masyarakat khususnya di pedesaan bahhwa anak perempuan “ ujung – ujungnya di dapur”?
1.3   Batasan masalah
Masalah yang kam,I batasi dala proposal ini tentang cara memberikan kesafaran pada orang tua tentang pendidikan di usia remaja khususnya anak perempuan. Sedangkan tentang factor ekonomi.  Factor keingina pribadi, dan factor lingkungan aka kami melakuan penelitian di desa mulyo agung.
1.4   Tujuan dan manfaat
Tujuan kami membuat proposal ini adalah
1.       Mengetahui cara meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak di usia remaja
2.       opini warga masyarakat khususnya di pedesaan bahhwa anak perempuan “ ujung – ujungnya di dapur”
manfaat dari pembuatan proposal ini adalah
1.       kesadaran  orang tua yang dulunya sangat minim terhadap pendidikan anak di usia remaja akan bertambah
2.       opini warga masyarakat yang  cenderung berfikiran negative dan berfikiran kuno tentang pendidikan bagi remaja putrid akan brerubah menjadi pamikiran yang positif dan lebih maju.
1.5   Hipotensi
-          Orang tua akan memberikan motivasi kepada anaknya agar mencari  ilmu sebanyak – banyaknya dan setinggi mungkin yang dapat menentukan masa depan anaknya kelak.
-          Masyarat khususnya di pedesaan akan lebih mengetahui betapa pentingnya pendidikan bagi remaja baik remaja putra maupun putri.
1.6   Metode penelitian
Metode penelitian yang di guunakan dalam proposal ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang dilakukan dengan cara meminta pendapat orang lain melalui observasi (pengamatan) di lanjutkan dengan wawancara dan dengan memperoleh sumber ( artikel dan internet)
1.7   Setting
-          Waktu   : 1 minggu
-          Tempat                : di desa mulyoagung




BAB II
LANDASAN TEORI
2.1   PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah suatu usaha sadar da terencana untuk mewujudkan sarana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemvbangkan potensi diri untuk memiliki kekuata spiritual agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akan serta keterampilan yang di erliukan dirinya dan masyarakat.
2.2   JENIS – JENIS PENDIDIKAN
1.Pendidikan formal
                Pendidikan formal adalah pendidikan yang dapat di laksanakan secara resmi dan merupakan pendidikan penting yang harus di jalani setiap orang. Misalnya : sekolah.
2.Pendidikan non formal
                pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pandidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan non formal dapat di hargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penelitian penyetaraan oleh lembaga yang di tunjuk oloh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan sasaran.
                Pendidikan non formal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memrlukan layanan pendidikan yang vberfungsi sebagai pengganti , penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjjang hayat. Selain itu pendidikan non formal juga berfunhsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional.
Misalnya: adalah pendidikan anak usia didni, pendidikan keterampilan (kursus) dan pelatihan kerja.

2.3   FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT TERHADAP PENDIDIKAN

                Rendahnya minat orangg tua terhadap pendidikan disebabkan oleh beberapa factor, misalnya factor pribadi (tingkat kesadaran), factor ekonomi, factor social budaya, dan factor letak geografis sekolah. Factor social budaya brkaitan dengan kultur masyarakat yang berupa persepsi atau pandangan, adat istiadat, dan kebiasaan. Peserta didik selalu melakukan kontrak dengan masyarakat. Pengaruh – pengaruh budaya yang negative dan salah terhadap dunia pendidikan akan turut berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Peserta didik yang bergaul dengan yeman – temannya yanh tidak sekolah atau putus sekolah akan terpengaruh dengan mereka.
                Lingkungan social budaya masyarakat adalah semua orang orang atau manusia yang dapat berpengaruh terhadap kahidupan anak. Pengaruh social budaya  tersebut dapat di lihat secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh secara langsung , pengaruh seperti di dalam pergaulan anak sehari – hari dengan teman sebanyaknya atau orang lain. Sedangkan pengaruh secara tidak langsung dapat di terjadi malalui jalur informasi, seperti radio atau televisi.
                Anak – anak yang dibesarkan di kota seperti memiliki pola fikir yang berbeda drngan anak yang di desa. Pad aumumnya anak yang tinggal di kota lebih bersikap aktif dan dinamis. Bila dibandingkan dengan anak desa yang selalu statis atau lamban. Itulah sebabnya perkembangan dan kemajuan anak yang tinggal di kota jauh lebih pesat dari pada anak yang tinggal di desa.
                Rendahnya minat untuk melanjiutkan sekolah memiliki imbas yang cukup besar. Hal ini sering terjadi di desa atau pelosok – pelosok daerah yang tergolong terpencil.  Ini trerjadi karena masih banyak masyarakat yamh kurang menyadari penringnya pendidikan. Meskipun pemerintah telah memberikan sosialisasi tentang pendidikan , tetapi masih ada sebagian anak terpaksa tidak bisa melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Kondisi ini terjadi karena masih banyak masyarakat yang kurang menyadari pentingnya pendidikan.



BAB III
KESIMPULAN

Meskipun sekarang sedang dalam situasi krisis yang mungkin berakibat pada penurunan anggaran pembangunan nasional, namun alokasi anggaran pendidikan seyogianya tak sampai berkurang. Kita menyadari bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia jauh tertinggal di belakang dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur. Selama tiga dasawarsa prioritas utama pembangunan nasional masih bertumpu pada pembangunan fisik, mengalahkan bidang pendidikan yang memiliki arti dan bersifat strategis serta dapat memperbaiki kehidupan negara ini. Untuk itu sudah seharusnya kita menggeser skala prioritas utama pembangunan nasional dengna menempatkan pendidikan sebagai hal yang utama.
Pendidikan tidak dapat dilihat dalam waktu yang singkat namun investasi pendidikan itu berlangsung sangat lama. Namun demikian jika kita tidak mulai membenahi pendidikan nasional sejak sekarang, maka sumber daya manusia kita akan jauh tertinggal dari negara lain dan hal tersebut sangat merugikan. Setidaknya kita menyadari sepenuhnya pendidikan merupakan agenda penting dan strategis, bukan hanya meningkatkan kualitas bangsa, melainkan juga mendorong kemajuan seluruh masyarakat. Karena itu, seluruh komponen bangsa harus mempunyai komitmen bersama untuk membangun pendidikan. Membangun pendidikan menjadi lebih penting lagi terutama dalam menyongsong milenium ketiga, yang ditandai oleh arus globalisasi yang menuntut daya saing tinggi. Karena itu, menyiapkan sumber daya menusia yang berkualitas, melalui upaya meningkatkan mutu pendidikan, merupakan suatu yang mutlak untuk membangun negara ini agar lebih memilki kompeten di dunia internasional.



Daftar pustaka:

1)      http://id.wikipedia.org/wiki/pendidikan. di akses 19 november 2011
2)      http://k-pendidikan.blogspot.com/2009/11/jenis-pendidikan. di akses 19 november 2011
3)      Dalyono.2008.psikologpendidikan.jakarta: rineka cipta

Rabu, 22 Februari 2012

cepen_ sie alfesti_persahabatan hampir berbuah percintaan_masa SMA.

Persahabatan sie_alestiy hampir berbuah percintaan 

Masa SMA,,
Aku adalah seorang siswi di sebuah SMA, namun sekolahku ini bertarafkan islami (bisa disebut Madarasah Aliyah Negeri). Namaku berinisial “H”. masa-masa seperti saat inilah saatnya untuk mencari jati diri kita masing-masing, tentunya juga selalu dihiasi oleh moment-moment persahabatan maupun percintaan.
Berawal dari pertemuan dan perkenalan singkat di pagi itulah, dan pertemuan singkat itulah yang pada akhirnya menciptakan suatu ikatan persahabatan yang harmonis.
Pikirku pun dengan maksud baik, menjalin persahabatan denga mereka.
Karena, dunia akan terasa lebih indah apabila kita mempunyai sahabat yang berhati mulia, bening laksana mutiara..
Sahabat yang selalu memberikan motivasi, ikhlas memberikan nasehat, mengajak berbuat baik, melarang berbuat maksiat, suka berbagi ilmu, menjaga rahasia, menutupi aib, menginginkan kebaikan untuk kita seperti menginginkan kebaikan untuk dirinya sendiri..
Namun,,
Mengapa perasaan ini datang diantara aku dan persahabatan kita ???
Ohh My God !!!*

“Seharusnya Hujan yang Indah pada sore itu tak boleh menyiksa perasaan ku, tpi membahagiakanQ,
Karena sejak dulu, dialah Sahabat duka yang selalu ku rindu
Tak seharusnya pula ia memberi Kecewa pada batin yang merana
Karena syair puisi senantiasa Tercipta pada saat kedatangannya
Tapi mengapa kehadirannya kali ini amat sangat tak kuharapkan
Bagai gersang pelatar Taman yang telah lama ditinggalkan usang
Merobek lembar masa Harapan untuk suatu sesalan kekecewaan
Yang senantiasa kelam Terpendam dan terkuakan bila dia datang”.
Memang,aku akui ..

Sejak dulu aku banyak memiliki sahabat pria. Berteman akrab dengan mereka memiliki nuansa yang  berbeda. Mereka bisa menjadi teman curhat yang menyenangkan ketimbang dengan rekan wanita. Bukan berarti aku tidak nyaman bersahabat dengan rekan wanita. Boleh dibilang aku ini  hanya sedikit sekali memiliki sahabat wanita, bahkan bisa dihitung dengan jari" tanganQ.

Aku  juga yakin banyak pula pria yang merasa nyaman memiliki sahabat wanita, baik itu di kantor ataupun dalam lingkungan pergaulan mereka sehari-hari. Alasan terbesar memilih rekan pria sebagai sahabat, mereka bisa menjaga segala cerita sahabatnya. Intinya mereka bisa dipercaya. Selain itu mereka juga seorang pendengar yang baik dan pemberi solusi paling oke dan masuk akal. Bukan berarti aku tidak percaya kepada rekan wanita, hanya saja sama-sama kita tahu pada dasarnya wanita adalah makhluk Tuhan yang unik dan paling hobi bergosip.

Aku bicara seperti ini karena aku adalah seorang wanita dan terkadang tanpa disadari juga melakukan hal yang sama. Namun di balik rasa nyaman bergaul dan bersahabat dengan lawan jenis ini, ternyata kita harus siap pula menghadapi konsekwensi lain yang mungkin akan berkembang lebih jauh.

Bukan tidak mungkin sahabat kita ini ternyata memiliki perasaan lain, lebih dari sekedar bersahabat. Karena salah satu penyebab timbulnya perasaan cinta adalah bisa jadi berawal dari sebuah persahabatan.

Dan ternyata benar, itu terbukti ..!!!!

Pengalaman tak terlupakan bagiku memiliki sahabat pria (sebut saja Si A). salah seorang siswa di sebuah SMA Negeri di daerah tempat tinggalku sndiri…
Memiliki sahabat sepertinya memiliki kesan tersendiri bagiku. Dia orangnya sangat baik, jujur, pengertian dan perhatian. Kemanapun aku pergi,diapun selalu setia menemaniku. Selalu ada untukku terutama saat aku berkeluh kesah jika sedang mengalami suatu masalah ...

Sebenarnya,,
Dia pun sudah memiliki kekasih (sebut saja Si F) salah seorang siswi di sebuah SMA Negeri itu juga, lebih tepatnya lagi dia satu sekolah dengan Si A,  dan pada notabenya Si F ini juga sahabat saya sendiri sejak kelas 1 SMP.

Stiap aku sedang dirundung masalah, maka orang pertama yang aku cari untuk menumpahkan kekesalan, kesedihan dan uneg-unegku adalah dia (Si A). Begitu juga sebaliknya dia,, jika dia sedang di rungdung masalah terutama dengan Si F, maka orang pertama yang dia cari untuk menumpahkan kekesalan, kesedihan dan uneg-unegnya adalah aku. Namun, tanpa disadari kedekatanku dengannya pun seolah tanpa batas. Karena dalam setiap kesempatan, dia selalu ada untukku.


Dan entah apa yang sedang aku rasakan saat ini .. perasaan aneh yang semakin menjadi pun muncul.
Apakah ini yang namanya C _ _ _ _ ??


Tapi mengapa harus terjadi .. ??
Ohh My God .. apa yang terjadi ??? Jika memang benar ini adalah yang namanya C _ _ _ _, mengapa harus dengannya ??
Akankah perasaan ini perasaan yang terlarang .. karna disisi lain dia sudah memiliki seorang kekasih, apa lagi kekasihnya itu adalah sahabat saya sendiri juga..


Tak ku sangka semua ini terjadi,, semua serasa seperti dalam khayalan dan harapan semu yang tak mungkin tercapai.
Namun aku akan turut ikut bahagia jika pada akhirnya nanti kau bahagia bersamanya. Karena bahagiamu juga bahagiaku, sampai kapanpun itu..
Dan mata hatikupun terbuka, bahwasanya menjadi sahabat itu lebih indah tuk selamanya ..


                                                                                                                              PENGARANG:

                                                                                                                                    Ttd

                                                                                                                                 H _ _ _ _.





PUISI UNTUK SAHABATQ sie_alesty

PUISI UNTUK SAHABATQ 
sie_alesty

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan
dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan
mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi
membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkanbesi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Persahabatan
diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti,
diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak,
namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan
dengan tujuan kebencian.Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan
untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya
ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,
tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan
dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita
membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih
dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan
dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun
ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Selasa, 21 Februari 2012

INDIKATOR ASAM BASA.


INDIKATOR ASAM BASA
Untuk mengenali suatu zat bersifat asam atau basa kita tidak boleh sembarangan mencicipi atau memegangnya, karena akan sangat berbahaya. Contoh asam sulfat (H2SO4), dalam kehidupan sehari - hari di gunakan sebagai accu zuur (air aki ). bila asam sulfat terkena tangan akan melepuh seperti luka bakar dan biloa terkena mata akan buta. contoh lain; natrium hidroksida ( NaOH ) banyak di gunakan untuk membersihkan saluran air bak cuci, bila terkena tangan akan terasa licin dan gatal” serta tangan mudah terluka iritasi. Jadi, bagaimana cara mengenali zat bersifat asam atau basa? Cara yang tepat untuk menentukan sifat asam dan basa adalah dengan menggunakan zat penunjuk yang di sebut indikator.
Indikator asam basa adalah zat yang dapat berbeda warna dalam lingkungan asam dan basa
Ada beberapa jenis indicator yang dapat digunakan untuk membedakan larutan yang bersifat basa, antara lain kertas lakmus, indikator, dan indikator alami.
1.       KERTAS LAKMUS
Kertas lakmus ada 2 jenis indicator, yaitu kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Berdasarkan hasil pengujian dengan lakmus tersebut, maka dapat di simpulkan:
a.       1)   larutan asam memerahkan lakmus biru
2)   larutan basa membirukan lakmus merah
3)   larutan netral tidak mengubah warna lakmus
b.    1)  larutan elektrolit ada yang dapat mengubah warna lakmus dan ada yang tidak mengubah
warna lakmus. Yang mengubah warna lakmus dapat bersifat asam dan basa, yang mengubah warna lakmus bersifat netral.
2)   larutan non elektrolit bersifat netral.

2.       INDIKATOR UNIVERSAL
Harga pH suatu larutan dapat diperkirakan dngan menggunakan trayek PH indicator. Keterangan:
Metil jingga       : 0     1     2      3        4           5      6     7      8      9     10   11    12   13   14
m
m
m



k
k
k
k
k
k
k
k
k
           

                                                   3,2     4,4
Metal merah     :  0      1      2      3     4           5      6     7      8      9     10   11    12   13   14
m
m
m
m


k
k
k
k
k
k
k
k
k
                         

                                                               4,8      6,0
Bromtimol biru :
3.        
4.        


           




Selasa, 14 Februari 2012

Aku Bahagia bila kau bahagia

Aku Bahagia bila kau bahagia 

Pacar saya adalah seorang pelajar SMA, saya mencintai sifatnya yang alami
dan saya menyukai perasaan hangat yang muncul dihati saya ketika saya
 bersandar di bahunya yang bidang.

 Tiga bulan dalam masa perkenalan, dan 14 bulan dalam masa pacaran,
saya harus akui, bahwa saya mulai merasa lelah, alasan" saya mencintainya
dulu karena dia pendiam dan pintar tapi sekarang dia menjadi banyak tingkah membosankan.

 Saya seorang laki - laki yang sentimentil dan benar" sensitif serta
berperasaan halus. Saya merindukan saat-saat romantis seperti seorang anak yang
menginginkan permen. Tetapi semua itu tidak pernah saya dapatkan. pacar
saya jauh berbeda dari yang saya harapkan. Rasa sensitif-nya kurang. Dan
ketidakmampuannya dalam menciptakan suasana yang romantis dalam
berpacaran kami telah mementahkan semua harapan saya akan cinta yang ideal.


Suatu hari, saya beranikan diri untuk mengatakan keputusan saya
kepadanya,
bahwa saya menginginkan putus. "Mengapa?", dia bertanya dengan
terkejut
"Saya lelah, kamu tidak pernah bisa memberikan cinta yang saya
inginkan"

 Dia terdiam dan termenung sepanjang malam di depan komputernya, tampak

seolah-olah sedang mengerjakan sesuatu, padahal tidak. Kekecewaan saya
semakin bertambah, seorang wanita yang bahkan tidak dapat mengekspresikan
perasaannya, apalagi yang bisa saya harapkan  darinya? Dan akhirnya dia
bertanya, "Apa yang dapat saya lakukan untuk merubah pikiranmu?".

 Saya menatap matanya dalam-dalam dan menjawab dengan pelan, "Saya
punya pertanyaan, jika kau dapat menemukan jawabannya di dalam hati saya,
saya akan merubah pikiran saya:

Seandainya, saya menyukai setangkai bunga indah yang ada di tebing
gunung dan kita berdua tahu jika kamu memanjat gunung itu, kamu akan
mati.

Apakah kamu akan melakukannya untuk saya?" Dia termenung dan akhirnya
berkata, "Saya akan memberikan jawabannya besok."


Hati saya langsung gundah mendengar responnya. Keesokan paginya, dia
tidak ada di rumah, dan saya menemukan selembar kertas dengan oret-2an
tangannya dibawah sebuah gelas yang berisi susu hangat yang bertuliskan....


"Sayang, saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu, tetapi ijinkan
saya untuk menjelaskan alasannya." Kalimat pertama ini menghancurkan
hati saya. Saya melanjutkan untuk membacanya.


"Kamu bisa mengetik di komputer dan selalu mengacaukan program di
PC-nya dan akhirnya menangis di depan monitor, saya harus memberikan
jari-2 saya supaya bisa membantumu dan memperbaiki programnya."


"Kamu selalu lupa membawa kunci rumah ketika kamu keluar rumah, dan
saya harus memberikan kaki saya supaya bisa mendobrak pintu, dan membukakan
pintu untukmu ketika pulang.".


"Kamu suka jalan-2 ke luar kota tetapi selalu nyasar di tempat-tempat
baru yang kamu kunjungi, saya harus menunggu di rumah agar bisa memberikan
mata saya untuk mengarahkanmu."


"Kamu selalu pegal-2 pada waktu 'teman baikmu' datang setiap bulannya,
dan saya harus memberikan tangan saya untuk memijat kakimu yang pegal."
"Kamu senang diam di rumah, dan saya selalu kuatir kamu akan menjadi
'aneh'. Dan harus membelikan sesuatu yang dapat menghiburmu di rumah
atau meminjamkan lidahku untuk menceritakan  hal-hal lucu yang aku alami."

"Kamu selalu menatap komputermu, membaca buku dan itu tidak baik untuk
kesehatan matamu, saya harus menjaga mata saya agar ketika kita tua
nanti, saya masih dapat menolong mengguntingkan kukumu dan mencabuti
ubanmu."

"Tanganku akan memegang tanganmu, membimbingmu menelusuri pantai,
menikmati matahari pagi dan pasir yang indah. Menceritakan warna-2 bunga yang
bersinar dan indah seperti cantiknya wajahmu".


"Tetapi sayangku, saya tidak akan mengambil bunga itu untuk mati.
Karena,
saya tidak sanggup melihat air matamu mengalir menangisi kematianku."
"Sayangku, saya tahu, ada banyak orang yang bisa mencintaimu lebih
dari saya mencintaimu."
"Untuk itu sayang, jika semua yang telah diberikan tanganku, kakiku,
mataku, tidak cukup bagimu.Aku tidak bisa menahan dirimu mencari
tangan, kaki, dan mata lain yang dapat membahagiakanmu."

Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadi
kabur, tetapi saya tetap berusaha untuk membacanya. "Dan sekarang, sayangku,
kamu telah selasai membaca jawaban saya. Jika kamu puas dengan semua jawaban
ini, dan tetap menginginkanku untuk tinggal di rumah ini, tolong bukakan
pintu rumah kita, saya sekarang sedang berdiri disana menunggu jawabanmu."


"Jika kamu tidak puas, sayangku, biarkan aku masuk untuk membereskan barang-barangku, dan aku tidak akan mempersulit hidupmu. Percayalah, bahagiaku bila kau bahagia.".

Saya segera berlari membuka pintu dan melihatnya berdiri di depan
pintu dengan wajah penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti
kesukaanku.

Oh, kini saya tahu, tidak ada orang yang pernah mencintai saya lebih
dari dia mencintaiku.


Itulah cinta, di saat kita merasa cinta itu telah berangsur-angsur
hilang dari hati kita karena kita merasa dia tidak dapat memberikan cinta
dalam wujud yang kita inginkan, maka cinta itu sesungguhnya telah hadir dalam
wujud lain yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Seringkali yang kita butuhkan adalah memahami wujud cinta dari
pasangan kita, dan bukan mengharapkan wujud tertentu