Rabu, 27 Maret 2013

BISNIS SALON KECANTIKAN_laila


BISNIS SALON KECANTIKAN
Dalam kegiatan akan membuka bisnis salon kecantikan memerlukan manajemen yang baik sehingga Bisnis dapat berjalan lancar. Disini saya akan memulai menuliskan manajemen saya dalam usaha bisnis salon kecantikan. Manajemen yang saya buat meliputi :Perencanaan,pengorganisasian,kepemimpinan dan pengendalian.
LANGKAH 1
MENYUSUN PERENCANAAN
1.      Membuat tujuan dari bisnis salon kecantikan yaitu:
Ø  Mempermudah konsumen yang ingin mempercantik penampilan
Ø  Membantu memperbaiki penampilan konsumen agar terlihat semakin indah
2.      Membuat strategi untuk mencapai tujuan yaitu :
-         Menentukan tempat yang strategis
-         Mengurus perizinan pendirian salon
-         Mengunakan manajemen SDM
Proses : perencanaan SDM        rekuretment        seleksi       sosialisasi dan orientasi
                         Pelatihan dan pengembangan           penilaian prestasi kerja
ð  Saya merencanakan bahwa karyawan yang akan menjalankan bisnis salon kecantikan ini memiliki kriteria : cewek, berpenampilan menarik dan bersih, memiliki ketrampilan merias dan make over,dan mampu berkomunikasi dengan baik.Dengan ketentuan gaji awal 250.000/bulan dan dapat naik apabila kinerja baik.
ð  Pengangkatan SDM diseleksi sesuai ketentuan diatas setelah diterima dilatih dan dilakukan sosialisasi terhadap tugasnya serta diorientasi
-         Menggunakan manajemen logistic : Yaitu tentang perencanaan pengadaan barang,penganggaran,pengadaan,penyimpanan,pendisrtibusian,pemakaian dan penghapusan.
ð  Hari pertama merencanakan promosi pada konsumen untuk datang ke salon atau dengan mengedarkan selebaran di tempat – tempat umum, dengan begitu bisa menarik konsumen dengan cepat atau dari mulut ke mulut, dan menggunakan perencanaan jangka pendek sehingga menjadikan bisnis salon kecantikan yang bersifat dinamis
ð  modal untuk membeli perlengkapan barang-barang salon kecantikan disediakan total untuk 1 minggu sebesar Rp 1.500.000; sedang modal untuk pembuatan tempat,peralatan dan untuk menghias sebesar Rp 1.500.000.
-         Menggunakan manajemen pemasaran yaitu menentukan harga,tempat,barang,dan promosi
ð  Tempat disini saya memilih tempat yang strategis dekat dengan warga, dan juga berada dipinggiran jalan raya agar memudahkan konsumen untuk mengunjunginya.
ð  Disini saya akan menyediakan jasa pemotongan rambut, cuci catok,creambath,rebonding,smooting,rias pengantin,ion,dll
ð  Promosi saya dengan cara melalui brosur atau spanduk, dll
3.      Menentukan memilih sumberdaya yang dibutuhkan
-         Man : manusia atau karyawan yang saya angkat yaitu 2 karyawan
-         Money : biaya didapatkan dari 2 orang dengan total modal awal sebesar 4 juta.
-         Material : bahan-bahan di beli dari pasar atau toko.
-         Methode : menggunakan tehnik bekerja untuk memperoleh laba dan mengutamakan kepuasan konsumen
-         Machine : menggunakan alat modern dan juga tradisional serta dikondisikan dalam keadaan bersih
-         Market : dipasarkan di tempat yang strategis dan ramai
-         Time : waktu buka salon jam 08.00 – 20.00 WIB
-         Technology : menggunakan technology modern dan tradisional 
-         Informasi : selalu memberikan informasi keluar supaya pemasaran berjalan lancar dan informasi dari luar ke dalam supaya salon ini terus mengikuti trend atau kemauan konsumen bersifat dinamis
LANGKAH 2
PENGORGANISASIAN
1.      Membuat Struktur organisasi yaitu
Front line /karyawan
 
 


 





            Penjelasan :
~ karyawan disini menduduki puncak pertama karena karyawan yang bertugas dalam menjalankan bisnis salon ,pekerja langsung dalam menjalankan bisnis salon jadi harus dilatih dan diberikan ketrampilan yang baik tanpa ada karyawan yang terampil bisnis tidak akan berjalan . Sebagai karyawan adalah Pini dan Dewi
~ Niddel manajer menduduki tingkat ke dua karena tugasnya membantu dan mengarahkan tugas karyawan  disini sebagai niddel manajer adalah Siska
~ Top Manajr disini yang menduduki tingkat akhir karena tugasnya mengarahkan seluruh organisasi dan yang membiayai bisnis. Sebagai top manjer disini adalah Surtini
Catatan : disini penempatan karyawan dengan tugasnya di sesuaikan  dengan kemampuannya
  1. Membangun Proses bisnis
~ Nama Bisnis Salon Kecantikan
 TYNI’S SALON
~Visi dan Misi
VISI : “MENJADI SALON KECANTIKAN YANG BERADA DI TENGAH MASYARAKAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HASIL  YANG MEMUASKAN”

MISI :
§  Mandiri,kompetitif,dan pelayanan konsumen terbaik
§  Memiliki usaha kreatif, dinamis dan bersiikap positif
TUJUAN :
§  Menciptakan usaha salon kecantikan yang memuaskan dan memberikan pelayanan yang berkualitas
§  Meciptakan wadah kerjasama selaras serasi untuk mencari keuntungan bersama dan kepuasan konsumen
LANGKAH 3
KEPEMIMPINAN
1.      Memotivasi karyawan dengan cara memberikan contoh system kerja yang baik yaitu bekerja dengan cepat,tepat serta mengutamakan kepuasan konsumen .dimana pegawai akan dinaikkan gaji apapila kinerjanya baik dan menghasilkan keuntungan yang banyak.
2.      Memberikan penugasan yaitu :
Membuat daftar pendapatan harian
3.      Menjalankan rutinitas harian :
o   Tiap hari membersihkan salon
o   Memberikan pelayananyang baik sesuai dengan permintaan pelanggan
o   Membuat rincian pendapatan
o   Kebijakan ini di ambil berdasarkan keputusan bersama
4.      Atasan selalu menerima kritik dan saran dari bawahan

LANGKAH 4
KONTROLING
  1. Selalu mengevaluasi hasil dan pendapatan yang telah dicapai dan memperbaiki bila ada masalah






Tidak ada komentar: