BISNIS SALON KECANTIKAN
Dalam
kegiatan akan membuka bisnis salon kecantikan memerlukan manajemen yang baik
sehingga Bisnis dapat berjalan lancar. Disini saya akan memulai menuliskan manajemen
saya dalam usaha bisnis salon kecantikan. Manajemen yang saya buat meliputi :Perencanaan,pengorganisasian,kepemimpinan
dan pengendalian.
LANGKAH
1
MENYUSUN
PERENCANAAN
1. Membuat
tujuan dari bisnis salon kecantikan yaitu:
Ø Mempermudah
konsumen yang ingin mempercantik penampilan
Ø Membantu
memperbaiki penampilan konsumen agar terlihat semakin indah
2. Membuat
strategi untuk mencapai tujuan yaitu :
-
Menentukan tempat yang strategis
-
Mengurus perizinan pendirian salon
-
Mengunakan manajemen SDM
Proses : perencanaan
SDM rekuretment seleksi sosialisasi dan orientasi
Pelatihan dan
pengembangan penilaian prestasi
kerja
ð Saya
merencanakan bahwa karyawan yang akan menjalankan bisnis salon kecantikan ini
memiliki kriteria : cewek, berpenampilan menarik dan bersih, memiliki ketrampilan
merias dan make over,dan mampu berkomunikasi dengan baik.Dengan ketentuan gaji
awal 250.000/bulan dan dapat naik apabila kinerja baik.
ð Pengangkatan
SDM diseleksi sesuai ketentuan diatas setelah diterima dilatih dan dilakukan
sosialisasi terhadap tugasnya serta diorientasi
-
Menggunakan manajemen logistic : Yaitu
tentang perencanaan pengadaan
barang,penganggaran,pengadaan,penyimpanan,pendisrtibusian,pemakaian dan
penghapusan.
ð Hari
pertama merencanakan promosi pada konsumen untuk datang ke salon atau dengan
mengedarkan selebaran di tempat – tempat umum, dengan begitu bisa menarik
konsumen dengan cepat atau dari mulut ke mulut, dan menggunakan perencanaan
jangka pendek sehingga menjadikan bisnis salon kecantikan yang bersifat dinamis
ð modal
untuk membeli perlengkapan barang-barang salon kecantikan disediakan total
untuk 1 minggu sebesar Rp 1.500.000; sedang modal untuk pembuatan
tempat,peralatan dan untuk menghias sebesar Rp 1.500.000.
-
Menggunakan manajemen pemasaran yaitu
menentukan harga,tempat,barang,dan promosi
ð Tempat
disini saya memilih tempat yang strategis dekat dengan warga, dan juga berada
dipinggiran jalan raya agar memudahkan konsumen untuk mengunjunginya.
ð Disini
saya akan menyediakan jasa pemotongan rambut, cuci
catok,creambath,rebonding,smooting,rias pengantin,ion,dll
ð Promosi
saya dengan cara melalui brosur atau spanduk, dll
3. Menentukan
memilih sumberdaya yang dibutuhkan
-
Man : manusia atau karyawan yang saya
angkat yaitu 2 karyawan
-
Money : biaya didapatkan dari 2 orang
dengan total modal awal sebesar 4 juta.
-
Material : bahan-bahan di beli dari
pasar atau toko.
-
Methode : menggunakan tehnik bekerja
untuk memperoleh laba dan mengutamakan kepuasan konsumen
-
Machine : menggunakan alat modern dan
juga tradisional serta dikondisikan dalam keadaan bersih
-
Market : dipasarkan di tempat yang
strategis dan ramai
-
Time : waktu buka salon jam 08.00 –
20.00 WIB
-
Technology : menggunakan technology
modern dan tradisional
-
Informasi : selalu memberikan informasi
keluar supaya pemasaran berjalan lancar dan informasi dari luar ke dalam supaya
salon ini terus mengikuti trend atau kemauan konsumen bersifat dinamis
LANGKAH 2
PENGORGANISASIAN
1. Membuat
Struktur organisasi yaitu
|
Penjelasan :
~
karyawan disini menduduki puncak pertama karena karyawan yang bertugas dalam
menjalankan bisnis salon ,pekerja langsung dalam menjalankan bisnis salon jadi
harus dilatih dan diberikan ketrampilan yang baik tanpa ada karyawan yang
terampil bisnis tidak akan berjalan . Sebagai karyawan adalah Pini dan Dewi
~
Niddel manajer menduduki tingkat ke dua karena tugasnya membantu dan
mengarahkan tugas karyawan disini
sebagai niddel manajer adalah Siska
~
Top Manajr disini yang menduduki tingkat akhir karena tugasnya mengarahkan seluruh
organisasi dan yang membiayai bisnis. Sebagai top manjer disini adalah Surtini
Catatan
: disini penempatan karyawan dengan tugasnya di sesuaikan dengan kemampuannya
- Membangun Proses bisnis
~
Nama Bisnis Salon Kecantikan
TYNI’S SALON
~Visi
dan Misi
VISI
: “MENJADI SALON KECANTIKAN YANG BERADA DI TENGAH MASYARAKAT DENGAN KUALITAS
PELAYANAN DAN HASIL YANG MEMUASKAN”
MISI :
§ Mandiri,kompetitif,dan
pelayanan konsumen terbaik
§ Memiliki
usaha kreatif, dinamis dan bersiikap positif
TUJUAN :
§ Menciptakan
usaha salon kecantikan yang memuaskan dan memberikan pelayanan yang berkualitas
§ Meciptakan
wadah kerjasama selaras serasi untuk mencari keuntungan bersama dan kepuasan
konsumen
LANGKAH
3
KEPEMIMPINAN
1. Memotivasi
karyawan dengan cara memberikan contoh system kerja yang baik yaitu bekerja
dengan cepat,tepat serta mengutamakan kepuasan konsumen .dimana pegawai akan
dinaikkan gaji apapila kinerjanya baik dan menghasilkan keuntungan yang banyak.
2. Memberikan
penugasan yaitu :
Membuat
daftar pendapatan harian
3. Menjalankan
rutinitas harian :
o
Tiap hari membersihkan salon
o
Memberikan pelayananyang baik sesuai
dengan permintaan pelanggan
o
Membuat rincian pendapatan
o
Kebijakan ini di ambil berdasarkan
keputusan bersama
4. Atasan
selalu menerima kritik dan saran dari bawahan
LANGKAH
4
KONTROLING
- Selalu mengevaluasi hasil dan pendapatan yang telah dicapai dan memperbaiki bila ada masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar