Jumat, 25 Mei 2012

KISAH MENYEDIHKAN SEWAKTU SMA_alfin


KISAH MENYEDIHKAN SEWAKTU SMA
Aku adalah siswa di salah satu sekolah yang ada di desa dan sekolahku baru berdiri beberapa tahun yang lalu. Aku mempunyai seorang kekasih panggil aj dia SIE F dia satu kelas denganku. Tapi mengapa belakangan ini dia sering membuatku kecewa dan malu. Dulunya kamu sih larang aku untuk berdekatan dengan cwe’, mzan dan lailn-lain pkoknya ap” yang berhubungan dengan cwe’ gk bleh. Saat aku berhentiin smua itu dan mau memulai hidup yang lebih baik tapi mengapa kamu sekarang membalas semua yang aku lakuin. Kamu membalasnya dengan smsan sama anak laki – laki lain dengan pnggilan sayang, tak tau siapa dia tpi ngakunya sepupunya entah itu bohongan ap beneran aku kgak tau. Semua itu membuatku pata hati. Pada waktu tepatnya pada hari minggu saat aku ajak dia keluar maen ke rumah temen bru aj aku pancing mau gak aku antar pulang tepat wktu……
Ternyata Ehhhh ternyata ……...!!!!!???
Tak aku sangka dan tak aku kira kamu malah sms dan telephone anak laki lain suruh menjemput dan mengantar untuk  pulang. Semua itu mulai aku terima dengan hati ikhlas lapang dada walau rasa malu telah aku terima. Kalu boleh jujur sebenarnya waktu itu sangat malu pada panggil aj dia ( SIE T) dia salah satu temanku sejak kelas X - 3 dulu. Rasa malu telah aku rasakan bagai…..????  Tak bisa aku bayangkan ssedikitpun…...,,
Hufffftt ….!!! Mengapa dan kenapa kamu tega lakuin itu semua,,,??
Sampai sie T mengucapkan kata massyaallah….!!!
Waktu baru berselang  tapi mengapa waktu baru berselang beberapa menit kamu sms aku dengan kata yang sungguh sangat mengecewakan hatiku .sampai membuat aku dan ingin aku membencimu karena ulahmu sendiri. Hati kecewa bagai meletusnya gunung berapi sampai mengeluarkan banyak larva yang hampir memenuhi waduk Cuma dengan beberapa kata yaitu cyang makan bakso enak dan es seger bangeet. Pagi harinya saat dari sekolah mulai aku coba lagi untuk mendengarkan kamu untuk ku temukan jawaban dari pertanyaan yang ada dalam pikiran ku. Apakah engkau gembira sudah menyakiti ku atau sebaliknya………?????
Pertanyaan yang belum terjawab malah ada anak lki lain tidak lain lagi temen ku satu kelas pnggil aj dia SIE D mendekati dan tidak ada kata sedikitpun yang keluar dari mulutnya untuk meminta izin untuk mendekatinya. Entah sie D meu berusaha memperhatikanya, meminta ngajari masalah opelajaRAN, atau emeng mau merebutnya dariku, aku tidak tau. Tapi kenapa sie F membiarkanya mendekati.
Hae sie D klo emeng kamu meu memilikinya aku terima  terima itu semua. Silahkan kamu memiliki nya walaupun hatiku hancur “ bagai piring pecah lalu hancur seperti butiran pasir. Kamu bisa memilikinya asal bisa menjaganya dengan baik mnelebihi saat aku menjaganya.
Satu pesan buat (SIE F ) jika kamu masih mencintai dan menyayngi ku. Tinggalkan apa saja yang tidak aku senangi jadilah orang baik yang juga bisa membimbingku menjadi orang yang lebih baik. sebenernya aku masih mencintai dan menyayangimu bukan untuk memanfaatkanmu sayank. Semua yang ada pada pikiranmu sekarangf itu salah. Apa kau yakin atau tidak itu terserah kamu.
Aku jarang sms kamu bukan untuk menjauhimu tetapi biar ada rasa kangen diantara kita dan tidak ada rasa bosan karena setiap hari kita ketemu…..
ASSTAGFIRULLAH
Hae Q bkan untuk mnggantung cintamu kepadaQ tpi Q ingin menenangkan diri sebentar karena msih banyak masalah yang ada pada pkiran karena ulahmu yng dekat dengan nono, smssan dengan orang lki laen yang tak pernah aku kenali. Ngakunya sih keponakan tpi knapa kamu biarkan dia memangillmu dengan kata saying. Tlong jauhi nono dan hentikanlah diua memangil  kamu dengan kata cyang. Dengan kamu menghentikan smuaitu akan membantu atau meredakan rasa bencimu kepadamu. Jika kau masih lanjutin smu itu lebih baik kita putus aja gk papa. Luka sungguh aku terluka
Saat engkau slalu ada d dkatnya
Cmburu sungguh aku cemburu
Saat engkau slalu ada saat dia membutuhkanku
Mengapa kau tak tau semua yang sedang aku rasakan saat ini.
Hancure hati ini rasanya.
Kamu mau ngatain aku dewasa tpi kelakuan ku seperti anak kecil tidak apa. Tpi kamu hrus tau semua orang psti punya kkurangan…

Kamis, 03 Mei 2012

KARYA ILMIAH ANALISIS PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG


KARYA ILMIAH
 ANALISIS PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG







Guru Pembimbing: Marina Noor Fianti,S.Pd

Disusun oleh:
1.) Alfin hidayatullah                 (02)
2.) Henny Rosinta                       (10)
3.) Moralinda Cahyani               (14)
4.) Siti Nur Alfiyah                    (20)
5.) Susi Linda Sari                      (21)
6.) Widya Firda Fitriani             (23)

Kelas XI IPA 1
SMA NEGERI 1 BALEN
Tahun ajaran 2011/2012
HALAMAN PENGESAHAN

KARYA ILMIAH YANG BERJUDUL
ANALISIS PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG

Telah dibaca dan disetujui pada tanggal 14 April 2012



                                                                                                 Bojonegoro, 14 April 2012



Mengetahui                                                                              mengesahkan
      Kepala SMAN 1 BALEN                                                               Guru Pembimbing



Dra. Idha Sri Maduretno, M.Pd                                                     Marina Noor Fianti,S.Pd















DAFTAR ISI                                                                                                              halaman
1.      HALAMAN JUDUL  ……………………………………………………………...            i
2.      HALAMAN PENGESAHAN   ……………………………………………………            ii
3.      KATA PENGANTAR   ………………………………………………...………….            iii
4.      DAFTAR ISI   ……………………………………………………………………...            iiii
5.      ABSTRAK   ………………………………………………………………………..            iiiii
6.      BAB I PENDAHULUAN 
1.1                                                                                                                                                                                                                    Latar Belakang   …………………………………………………...                                            1
1.2                                                                                                                                                                                                                              Rumusan masalah   ……………………………………………….                                                       1
1.3                                                                                                                                                                                                                    Batasan masalah   …………………………………………………                                               1
1.4                                                                                                                                                                                                                              Tujuan dan Manfaat   ……………………………………………..                                                          1
1.5                                                                                                                                                                                                                                   Hipotesis   …………………………………………………………..                                        1

Senin, 16 April 2012

kumpulan seutas puisi_alfin

 untukmu kasih

Pagi yang cerah bertabur cinta..
Menatap indahnya lazuardi bersinarkan pelangi..
Tanpa asa..kutatap ayu parasmu..
membawaku dalam indahnya jiwa..
Betaburkan cahaya terang dalam nurani..

... Bahagia aku mendambamu...
Bahagia aku mencintamu...

Hati ini mengukir namamu..
Hati ini melukis wajahmu..
Hati ini slalu merindu akan hadirmu..

Rasa gelisah saat kau jauh..
Mencipta gejolak rindu dalam hatiku..
Ooh kasihku..
Aku terlalap tanpa hadirmu..
Hatiku hampa tanpa cintamu...

Kasih...
Hanya kepadamu aku merindu...
Hanya padamu ku tambatkan hatiku..
Dan hanya untukmu, kucurahkan semua cintaku.


by: ALFIN_cotton

Jumat, 13 April 2012

moment indah bersama sahabat sejati_astiy_forever


Momen-momen yang tak terlupakan bersama sang sahabat sejati
                Kisah semasa SMA  aku adalah seorang siswa di sebuah SMA di sebuah desa yang terletak  tidak terlalu jauh dari jalan raya provinsi. Namun sekolahku ini bertarafkan non islami (Sekolah Menengah Atas).  Namaku berinisial “A” .Masa-masa seperti saat inilah saat_nya mencari jati diri kita sendiri dan tentunya salalu dihiasi oleh momen – momen bahagia maupun duka .Momen bahagia disaat kita mendapat sahabat baru maupun mendapat pasangan kekasih untuk sementara .
Kisah ini berawal dari pertemuan dan perkenalan singkat di pagi itu di sebuah rumah berada di desa tepatnya dirumahku  dan  pertemuan singkat itulah yang  menciptakan suatu ikatan yang cukup harmonis . fikirku pun bermaksud baik ,menjalin persahabatan dengan mereka, karena dunia akan terasa jadi mudah apabila kita mempunyai sahabat yang berhati mulia bening laksana mutiara .Sahabat yang selalu memberikan motivasi ikhlas, memberi nasehat, mengajak berbuat yang lebih baik,melarang berbuat maksiat (perbuatan yang  menimbulkan dosa ),suka berbagi ilmu ,menjaga rahasia ,menutupi aib ,menginginkan kebaikan seperti menginginkan kebaikan untuk dirinya sendiri, namun mengapa perasaan ini datang  sendiri ,dari perasaan itulah aku ingin mengajak jalan berdua untuk mengenal lebih dekat tentang dirinnya .
Aku  mewujudkan impian ku untuk mendekati dia. Dengan cara sms (send message) didalam  sms aku mencoba untuk merayu agar dia mau jalan sama aku. Dengan rayuan gombal bagaikan tangan menepuk air  dan pada akhirnya perasaan nya tergoda dengan rayuan gombal tersebut dan akhirnya aku dan dia menentukan hari yang tepat .sebut saja dia sie “H” (salah satu murid di sebuah sekolah yang bertarafkan islami) didaerah Bojonegoro . Hari tersebut aku tentukan tetapi “H” memberi syarat agar aku merayu ibunya untuk dibolehkan atau direstui keluar dengan aku.
Setelah aku menunggu hari yang aku tunggu tiba. di pagi itulah aku mandi dan bergegas untuk pergi kerumahnya. Sesampainya dia menunggu kedatangan ku setelah itu aku berpamitan dengan kedua orangnya untuk mendapatkan restu. Disaat perjalanan menuju salah satu wisata d daerah tuban sesampainya disana. Aku bersenang – senang ( bermain air dan membuat istana dari pasir). Setelah aku puas bermain disana.
 aku melanjutkan perjalanan pulang diwaktu perjalanan pulang .perjalanan saya sempat terganggu hujan dan pada akhirya aku memutuskan untuk berteduh disalah satu kios yang berada di daerah kali rejo dikios tersebut aku sempat bertengkar gara –gara memutuskan siapa dulu yang harus minum duluan. Aku tidak mau minum karena dia yang membeli minuman ,sedangkan dia tidak mau minum duluan karena dia lebih muda dariku dan akhirnya saya mengambil sedotan 2  buat minum bersama setelah itu hujan pun reda dan akhirnya aku mengantar dia pulang .setelah sampai tiba dirumah dia aku beristirahat sebentar untuk menghilangkan lelah .Setelah itu aku minta pamit pada orang tua nya untuk pergi pulang sesampainya di rumah.
 Berfikir semua itu tidak boleh menyiksa perasaanku karena hujan yang indah pada sore itu,tetapi harus membahagiakanku karena dialah sahabat duka yang selalu ku rindu .Tak seharusnya pula ia memberi kecewa  pada batin yang merana karena syair puisi senantiasa tercipta pada saat kedatangan nya tapi mengapa kehadirannya kali ini amat sangat tak ku harapkan bagai gersang pelatar taman yang telah lama di tinggalkan usang merobek lembar masa harapan untuk suatu kesalahan ,kekecewaan yang senantiasa kelam terpendam dan terkuatkan bila datang .semua pengalaman ini tak bisa aku lupakan untukku karena telah memiliki sahabat wanita sepertinya .     

Jumat, 06 April 2012

proposal PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA

ANALISIS PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG













 










Guru Pembimbing: Marina Noor Fianti,S.Pd
Disusun oleh:
1.) Alfin hidayatullah                  (02)
2.) Henny Rosinta                       (10)
3.) Moralinda Cahyani                (14)
4.) Siti Nur Alfiyah                      (20)
5.) Susi Linda Sari                        (21)
6.) Widya Firda Fitriani              (23)

Kelas XI IPA 1
SMA NEGERI 1 BALEN
Tahun ajaran 2011/2012






HALAMAN PENGESAHAN

PROPOSAL PENELITIAN YANG BERJUDUL
ANALISIS PENELITIAN PENTINGNYA KESADARAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN USIA REMAJA DI MULYOAGUNG

Telah dibaca dan disetujui pada tanggal 16 November 2011



                                                                                                                    Bojonegoro, 16 november 2011
      Mengetahui                                                             mengesahkan
Kepala SMAN 1 BALEN                                             Guru Pembimbing
































KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat allah SWT, karena atas izin-Nyalah kami dapat menyelesaika proposal ini tanpa ada hambatan yang berarti ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada orang tua, bapak ibu guru khususnya guru pembimbing serta tak lupa kepada teman – teman yang telah bekerja sama dalam menyelesaikan tugas ini.
Kami menyadari, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses belajar. Proposal ini masih banyak memiliki kesalahan dan kekurangan oleh karena itu kami sangat berharap adanya kritikan dan saran positif yang dapat kami gunakan untuk memperbaiki  proposal ini agar lenih baik.
Kami juga berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Amien

Bojonegoro, 16 November 2011




                                                                          Penulis















BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Akhir – akhir ini sebagian besar anak usia remaja yang seharusnya sekolah tapi mereka memilih untuk bekerja. Terurtama anak perempuan yang enggan untuk melanjutkan sekolah. Hal ini disebabkan oleh factor ekonomi, factor keinginan pribadi, dan factor lingkungan khususnya keluarga. Misalnya ayah dan ibu yang memiliki kesdarran kurang terhadap oendidikan anaknya.
Sebagian besar orang tua berfikir, bahwa anaknn perempuan meskipun di sekolahkan setinggi apapun , pada akhirnya jug akan menjadi seorang ibu rumah tangga dengan kata lain bekerja di dapur. Factor ekonomi yang semakin lama semakin bertambah tinggi  sedang membalit warga masyarakat di pedeesaan memang selalu dinjadikan alas an bahwa mereka tidak melanjutkan sekolahanaknya. Anaknya Cuma bisa memendam keinginan skolah . hal inilah yang akan menjadi bahan penelitian untuk proposal tenteng menyakinkan orang tua akan pentingnya pendidikan bagi remaja.
1.2   Rumusan masalah
1.       Bagaimana cara meingkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak usia remaja?
2.       Bagaimana cara mengubah opini warga masyarakat khususnya di pedesaan bahhwa anak perempuan “ ujung – ujungnya di dapur”?
1.3   Batasan masalah
Masalah yang kam,I batasi dala proposal ini tentang cara memberikan kesafaran pada orang tua tentang pendidikan di usia remaja khususnya anak perempuan. Sedangkan tentang factor ekonomi.  Factor keingina pribadi, dan factor lingkungan aka kami melakuan penelitian di desa mulyo agung.
1.4   Tujuan dan manfaat
Tujuan kami membuat proposal ini adalah
1.       Mengetahui cara meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak di usia remaja
2.       opini warga masyarakat khususnya di pedesaan bahhwa anak perempuan “ ujung – ujungnya di dapur”
manfaat dari pembuatan proposal ini adalah
1.       kesadaran  orang tua yang dulunya sangat minim terhadap pendidikan anak di usia remaja akan bertambah
2.       opini warga masyarakat yang  cenderung berfikiran negative dan berfikiran kuno tentang pendidikan bagi remaja putrid akan brerubah menjadi pamikiran yang positif dan lebih maju.
1.5   Hipotensi
-          Orang tua akan memberikan motivasi kepada anaknya agar mencari  ilmu sebanyak – banyaknya dan setinggi mungkin yang dapat menentukan masa depan anaknya kelak.
-          Masyarat khususnya di pedesaan akan lebih mengetahui betapa pentingnya pendidikan bagi remaja baik remaja putra maupun putri.
1.6   Metode penelitian
Metode penelitian yang di guunakan dalam proposal ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang dilakukan dengan cara meminta pendapat orang lain melalui observasi (pengamatan) di lanjutkan dengan wawancara dan dengan memperoleh sumber ( artikel dan internet)
1.7   Setting
-          Waktu   : 1 minggu
-          Tempat                : di desa mulyoagung




BAB II
LANDASAN TEORI
2.1   PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah suatu usaha sadar da terencana untuk mewujudkan sarana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengemvbangkan potensi diri untuk memiliki kekuata spiritual agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akan serta keterampilan yang di erliukan dirinya dan masyarakat.
2.2   JENIS – JENIS PENDIDIKAN
1.Pendidikan formal
                Pendidikan formal adalah pendidikan yang dapat di laksanakan secara resmi dan merupakan pendidikan penting yang harus di jalani setiap orang. Misalnya : sekolah.
2.Pendidikan non formal
                pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pandidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan non formal dapat di hargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penelitian penyetaraan oleh lembaga yang di tunjuk oloh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan sasaran.
                Pendidikan non formal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memrlukan layanan pendidikan yang vberfungsi sebagai pengganti , penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjjang hayat. Selain itu pendidikan non formal juga berfunhsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional.
Misalnya: adalah pendidikan anak usia didni, pendidikan keterampilan (kursus) dan pelatihan kerja.

2.3   FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT TERHADAP PENDIDIKAN

                Rendahnya minat orangg tua terhadap pendidikan disebabkan oleh beberapa factor, misalnya factor pribadi (tingkat kesadaran), factor ekonomi, factor social budaya, dan factor letak geografis sekolah. Factor social budaya brkaitan dengan kultur masyarakat yang berupa persepsi atau pandangan, adat istiadat, dan kebiasaan. Peserta didik selalu melakukan kontrak dengan masyarakat. Pengaruh – pengaruh budaya yang negative dan salah terhadap dunia pendidikan akan turut berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Peserta didik yang bergaul dengan yeman – temannya yanh tidak sekolah atau putus sekolah akan terpengaruh dengan mereka.
                Lingkungan social budaya masyarakat adalah semua orang orang atau manusia yang dapat berpengaruh terhadap kahidupan anak. Pengaruh social budaya  tersebut dapat di lihat secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh secara langsung , pengaruh seperti di dalam pergaulan anak sehari – hari dengan teman sebanyaknya atau orang lain. Sedangkan pengaruh secara tidak langsung dapat di terjadi malalui jalur informasi, seperti radio atau televisi.
                Anak – anak yang dibesarkan di kota seperti memiliki pola fikir yang berbeda drngan anak yang di desa. Pad aumumnya anak yang tinggal di kota lebih bersikap aktif dan dinamis. Bila dibandingkan dengan anak desa yang selalu statis atau lamban. Itulah sebabnya perkembangan dan kemajuan anak yang tinggal di kota jauh lebih pesat dari pada anak yang tinggal di desa.
                Rendahnya minat untuk melanjiutkan sekolah memiliki imbas yang cukup besar. Hal ini sering terjadi di desa atau pelosok – pelosok daerah yang tergolong terpencil.  Ini trerjadi karena masih banyak masyarakat yamh kurang menyadari penringnya pendidikan. Meskipun pemerintah telah memberikan sosialisasi tentang pendidikan , tetapi masih ada sebagian anak terpaksa tidak bisa melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Kondisi ini terjadi karena masih banyak masyarakat yang kurang menyadari pentingnya pendidikan.



BAB III
KESIMPULAN

Meskipun sekarang sedang dalam situasi krisis yang mungkin berakibat pada penurunan anggaran pembangunan nasional, namun alokasi anggaran pendidikan seyogianya tak sampai berkurang. Kita menyadari bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia jauh tertinggal di belakang dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur. Selama tiga dasawarsa prioritas utama pembangunan nasional masih bertumpu pada pembangunan fisik, mengalahkan bidang pendidikan yang memiliki arti dan bersifat strategis serta dapat memperbaiki kehidupan negara ini. Untuk itu sudah seharusnya kita menggeser skala prioritas utama pembangunan nasional dengna menempatkan pendidikan sebagai hal yang utama.
Pendidikan tidak dapat dilihat dalam waktu yang singkat namun investasi pendidikan itu berlangsung sangat lama. Namun demikian jika kita tidak mulai membenahi pendidikan nasional sejak sekarang, maka sumber daya manusia kita akan jauh tertinggal dari negara lain dan hal tersebut sangat merugikan. Setidaknya kita menyadari sepenuhnya pendidikan merupakan agenda penting dan strategis, bukan hanya meningkatkan kualitas bangsa, melainkan juga mendorong kemajuan seluruh masyarakat. Karena itu, seluruh komponen bangsa harus mempunyai komitmen bersama untuk membangun pendidikan. Membangun pendidikan menjadi lebih penting lagi terutama dalam menyongsong milenium ketiga, yang ditandai oleh arus globalisasi yang menuntut daya saing tinggi. Karena itu, menyiapkan sumber daya menusia yang berkualitas, melalui upaya meningkatkan mutu pendidikan, merupakan suatu yang mutlak untuk membangun negara ini agar lebih memilki kompeten di dunia internasional.



Daftar pustaka:

1)      http://id.wikipedia.org/wiki/pendidikan. di akses 19 november 2011
2)      http://k-pendidikan.blogspot.com/2009/11/jenis-pendidikan. di akses 19 november 2011
3)      Dalyono.2008.psikologpendidikan.jakarta: rineka cipta