Jumat, 12 Oktober 2012

LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE PULAU DEWATA BALI


LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR
KE PULAU DEWATA BALI



















Oleh:

1.   AHMAD IKHSAN MAULANA        ( 01 )       XI IPA 1
2.   ALFIN HIDAYATULLAH                ( 02 )       XI IPA 1
3.   RAHMANANDIKA K.N                   ( 26 )       XI IPA 1
4.   TAGA REZZA L.R                            ( 30 )       XI IPS 2
5.   ERI SAPUTRA                                  ( 08 )       XI IPS 2

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOJONEGORO
SMA NEGERI 1 BALEN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Belajar dengan rajin dan tekun dapat menjadi kunci dalam melaksanakan ulangan kenaikan kelas. Tidak hanya itu, nilai yang bvaik juga dap[at dicapai dengan hal tersebut. Belajar dengan tajin dan tekun dapat menguaras waktu, tenaga, dan pikiran. Terlalu lama belajar dapat menyebabkan seseorang jenuh. Belajar yang baik tidak hanya belajar dengan rajin dan tekun tetapi juga harus memperhatikan kesehatan badan, diantaranya memperhatikan makan, olah raga secara teratur dan jangan lupa refresing ( tamasya ).
Oleh karena itu, SMA NEGERI 1 BALEN mengadakan agenda tahunan yaitu study tour ke pulau dewata bali. Pada tanggal 14 juni 2012.

1.2  Tujuan
1.2.1        Mengetahui beberapa objek wisata di pulau dewata bali
1.2.2        Mendeskripsikan objak wisata yang di kunjungi di pulau dewata bali

1.3  Manfaat
Bisa dijadikan sebagai tambahan ilmu pengetahuan tentang objek wisata di pulau dewata bali sebagai salah satu pulau yang tekenal keindahanya di dunia yang dimiliki oleh Indonesia

BAB II
ISI
2.1 Danau Beratan
Daerah sekitar danau beratan terkenal dengan nama DANAU BEDUGUL. Letak danau bedugul di kaki gunung beratan, disebelah selatan kota SINGARAJA. Mula – mula jalanya datar, tetapi sejak di Gitgit. Jalan mulai menanjak . Jalan yang melewati diapit oleh lereng dan jurang.
 Bedugul terletak di tengah-tengah pegunungan yang indah pemandangannya dan berhawa dingin.di daerah yang di kelilingi hutan. Kera ekor panjang dipelihara dengan bebas dan dilindungi oleh pemerintah setempat. Mega berarak-arak ditiup angin dingin yang menyentuh kulit. Bunga-bunga bermekaran menambah indahnya pemandangan.
Desa –desa yang dilewati dengan perumahan penduduk yang ada puranya. Danau bedugul bukan hanya tempat wisata ,selain para wisatawan yang memerlukan melihat keindahan alam ,juga tidak pernah sepi dan saudara-saudara yang akan mengadakan sesaji di pura bedugul. Menurut keterangan yang penulis dengar , setiap 210 hari sekali diadakan upacara sesaji secara besar-besaran di pura bedugul. Tepatnya di hari purnama kadasa. Sesaji itu dihaturkan kepada Dewi Sri,dewi yang dipuja sebagai dewa kemakmuran dan kebahagiaan.
Di Bedugul para wisatawan dapat mengelilingi danau menggunakan perahu dengan tarif yang ditentukan. Selain itu sebagai kenang – kenangan , di sekitar objek wisata terdapat para pedagang souvenir,pakaian dan makanan khas Bali.    
  
2.2 Pantai Sanur
Di pantai sanur banyak wisatawan baik wisatawan domestic maupun wisatawan luar negeri. Pasir yang berwarna hitam ,air laut yang biru dengan ombaknya yang bergolombang membuat indahnya pemandangan pantai sanur. Di atas laut yang ombaknya bergelombang banyak wisatawan yang melakukan selancar air. Adapun wisatawan yang mandi di pantai dan berjalan – jalan.
Kios – kios cindera mata berderet – deret di pantai. Pemandangan di pantai sanur sangat indah. Selain itu pantai sanur dekat dengan objek wisata yang lain.

2.3 Tari Barong
     Tari Barong diadakan setiap hari di Celuk, Sukawati, Gianyar Bali, mulai pukul 09.30 WITA dan sengaja disuguhkan untuk menghibur para wisatawan. Panggung tempat para penari merupakan panggung alam, terletak dimuka suatu pintu gerbang pura. Suasana tempat pementasan serba indah dan menarik. Tempat duduk para penonton , tempat gamelan, seragam para  pemukul gamelan menunjukkan ciri khas pulau Bali.
     Setelah memasuki tempat pagelaran tari Barong setiap wisatawan akan diberikan selembar teks cerita tari Barong. Dari teks itu dapat diketahui bagaimana arti gerakan-gerakan serta adegan-adegan tari Barong. Tarian Barong dan Keris adalah suatu tarian yang menggambarkan peperangan antara kebaikan dan keangkaramurkaan.
Dalam tari Barong ada dua  pelaku utama, yaitu Barong, makhluk mitologi yang mewakili kebaikan dan rangga yang menggambarkan keangkaramurkaan. Tari barong disuguhkan dengan berbagai keluwesan para penari dengan keindahan music tradisional yang mengiringi nya. Tidak hanya itu, kelucuan danketegangan juga ikut mewarnai keindahan tari barong.
Tari barong adalah saalah satu perlambangan bahwa keangkara murkaan selalu ada. Berapapun suatu perbuatan angkaramurkaan telah hancur, namun akan selalu muncul pula keutamaan yang akan menghancurkan setiap angkara murka.


2.4 Pantai Kuta
      Pantai kuta terletak di pantai selatan pulau bali bagian barat. Termasuk dalam kabupaten bandung. Dari arah kota Denpasar bali arah ke selatan. Sebagaimana pantai sanur, pantai kuta juga terkenal dengan pasir putihnya. Pantai kuta pada waktu siang hari cuacanya sangat panas. Di pantai kuta tampak banyak turis asing bertiduran di atas pasir yang panas. Kebanyakan hanya bercelana pendek dan baju kaos.
Di pantai kuta terlihat wanita tua menjual jasa sebagai tukang pijat. Orang asing kadang ingin merasakan di pijat sambil berjemur di bah sinar matahari. Ombak di pantai kuta dimanfaatkan untuk selancar air. Di pantai tampak orang olah raga tenis dibawah teriknya sinar matahari.
 
2.5 Pura Tanah Lot
     Pura tanah lot terletak di desa braban, kecamatan Kediri, kabupaten tabanan. Dari kota denpasar sejauh ± 30 km. perjalanan menuju ke tanah lot terlihat pemandangan sekitar jalan yang mempesona. Kadang melintasi persawahan yang subur. Rumah – rumah penduduk yang berpagar serba berukir, dengan pintu gerbangnya yang antik. Setiap halaman rumah tampak pura. Keadaan disekitar rumah masih penuh dengan pohon –pohon yang rimbun daunnya. Menurut kepercayaan penduduk,tidak sembarang waktu boleh membersikkan poho –pohon atau rerumputan. Kalau tidak pada waktu tertentu akan mendapat marah dari dewanya. Itulah sebabnya keadaan daun-daun tampak utuh.kelestarian alam dapat terjaga karenanya.
     Menuju tempat pure tanah lot melewati deretan kios-kios tempat menjual barang-barang sofenir.pura tanah lot terletak di sebuah daratan mirip pulau terpisah dari pantai. Dari pantai menuju pura melewati dasar laut yang dangkal . tetapi pada waktu  pasang purnama air lebih dalam lagi. Ombaknya menghantam tebing. Bekas kikisan ombak itu meninggalkan bentuk yang indah. Dibagian bawah kelihtan ada lubangnya. Disewkitar kawasan pura tanah lot terdapat restaurant dan penginapan yang dapat digunakan para pengunjung.

2.6 Musium Bajra Sandi
     Museum bajra sandi adalah sebuah museum yang berada di kota denpasar yang didirikan di tengah – tengah lapangan puputan margarana. Museum ini didirikan oleh pemerintah bali untuk mengenang perang puputan margarana yang telah terjadi tepat di lapangan puputan margarana itu sendiri yang di pimpin oleh sultan banten beserta permaisurinya. Puputan adalah sebuah sumpah dari sultan banten yang berarti membela tanah air sampaim titik darah penghabisan ( matipun rela) saat melawan belanda. Museum bajra sandi ini terdiri dari 3 lantai yaitu lantai pertama setelah pintu gerbang masuk dan di lantai pertama terdapat pula kolam ikan dengan berbagai jenis ikan hias yang menawan hati dengan jumlah ribuan ekor. Pada lantai kedua museum bajra sandi ini terdapat barang – barang antik seperti keris – keris dan beberapa miniature perang puuputan margarana sampai terjadinya kemerdekaan Negara Indonesia dan pengibaran bendera merah putih secara simbolis di pulau bali. Tetapi pada lantai kedua ini terdapat suatu peraturan bagi wanita yang sedang menstruasi di larang naik di lantai 2 dan 3.  Pada lantai 3 di museum bajra sandi adalah ruangan kosong yang sangat indah karena kita dapat melihat indahnya kota denpasar dari atas menara.
     Museum yang tingginya ± 17 meter ini memiliki keunikan terdiri dari 8 buah anak tangga dan 45 buah anak tangga yang berda di lantai 3. Konon menurut rakyat sekitar hal ini bertujuan untuk mengenag kemerdekaan Indonesia pada masa silam.  

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
           Pulau bali menjadi tujuan wisatawan domestic maupun turis dari seluruh dunia. Pulau bali mempunyai jenis objek wisata yang lengkap. Ada objek wisata budaya misalnya tari barong. Ada objek wisata bahari seperti, pantai sanur, dan kuta. Obyek wisata purbakala seperti museum. Setia objek wisata memberikan cirri khas tersendiri yang tidak akan pernah dilupakan oleh para wisatawan karena keindahannya.

3.2 Saran
      Setiap berkunjung kepulau dewata bali usahakan jaga sikap, bicara dan tingkah laku. Jangan pernah mengambiol apapun baik air, pasir, batu, maupun sesaji yang ada. Karena percaya atau tidak pulau dewata bali terkenal dengan kemistisannya.       






































LAMPIRAN








 









    



    DANAU BEDUGUL                                PANTAI SANUR (MATAHARI TERBIT )













PANTAI KUTA
TANAH LOT
TARI BARONG

Tidak ada komentar: