Minggu, 14 Juli 2013

PEMANFAATAN BUAH BINTARO SEBAGAI OBAT NYAMUK BAKAR PEMBASMI NYAMUK



PEMANFAATAN BUAH BINTARO SEBAGAI OBAT NYAMUK BAKAR PEMBASMI NYAMUK
 








Oleh :
1.     BELVI RILO FINDASTUTI              (6979)
2.     DIANA SHERLY                               (6997)
3.     FRIDA RAHMAWATI                    (7022)

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BOJONEGORO
SMA NEGERI 4 BOJONEGORO
Jl. AKBP. M. Soeroko No. 30 Telp. (0353) 881460 Fax. (0353) 889542 Bojonegoro

LEMBAR PENGESAHAN


Karya Ilmiah Remaja :

Pemanfaatan Buah Bintaro sebagai bahan pembasmi Nyamuk.

Telah diperiksa untuk memenuhi nilai tugas bahasa indonesia tahun ajaran 2012/2013.



                                                                                    Bojonegoro, 02 Maret 2013
Pembina                                                                     Kepala Sekolah                                                                                                                     


Riyanto, M.Pd                                                            Drs. Nurhayi, M.Pd
NIP. 1960 1201 1986 011 004                                NIP.





KATA PENGANTAR


Bismillahirohmanirrohim
Puja danpujisyukursenantiasa kami panjatkankehadirat Allah SWT. Sebabberkatrahmatdankarunia-Nya kami dapatmenyelesaikanpenelitian yang berjudul“ ManfaatBuahBintaroSebagaiObatNyamukBakarPembasmiNyamuk” inidenganbaik.
            Sehubungandenganitu kami ucapkanterimakasihsebesar-besarnyakepada: Ayah danibu yang senantiasamendo’akan kami. Bapak Drs. NurhayiM.Pdselakukepalasekolah SMAN 4 Bojonegoro. BpkRiyantoM.Pdselakupembina kami dankepadateman-temankusekalian yang turutmembantudalammenyelesaikanpenelitianini. Jugapadasemuapihak yang telahberkenan memberidukungan moral maupun material.
            “TiadaGading yang TakRetak”, demikian pula denganlaporanhasilpenelitian kami. Bilaada saran dankritik yang bersifatmembangun, kami ucapkanterimakasih.

Wassalam

Bojonegoro, 4 Maret 2013        
Penulis


DAFTAR ISI




























I.                 PENDAHULUAN

1.1            LatarBelakang

Akhir-akhirinimasyarakatBojonegoromulaikhawatirdenganpopulasinyamuk yang semakinmeningkat. Hal inidikarenakandaerahBojonegoro yang merupakantempatlanggananbanjir yang selaludatangsetiaptahundanmemungkinkanuntukmenjaditempatterbaikbagipertumbuhandansiklusnyamuk.
Pertumbahannyamuk yang sangatcepatinimeresahkanbagisemuamasyarakatBojonegoro, karenapastiakanadaberbagaidampaknegatife yang di timbulkansepertiDemamBerdarah, malaria dan lain sebagainnya. Jikamasyarakattidakdapatmenyiasatidenganmenjagakebersihanlingkungansekitardanmelakukan 3M yaituMengurasbakmandi, MenguburbarangbekasdanMenutupbakmandipastiakanbanyakmasyarakatBojonegoro yang terkenapenyakitinihinggamenyebabkankematian.
Selainmencegahdenganmenjagakebersihanlingkungandan 3 M masyarakatBojonegorosering kali menggunakanberbagaiobatnyamukbaikobatnyamukoles, obatnyamukelektrikdanobatnyamukbakaruntukmenghindarigigitannyamuk. Obatnyamukbakaradalahsalahsatucara yang sangatdiminatiolehmasyarakat. Hal inidikarenakanhargadariobatnyamukbakar yang ekonomisdanmudah di dapat.
Obatnyamukbakar yang telahmenjadikebutuhansebagianmasyarakatBojonegorobelakangantahuninimulaimengalamipenigkatanhargawalaupuntidaksignifikan. Jikahalinitidak di siasatidandibiarkanbegitusajaakanmenyebabkanbertambahnyabiayapengeluaran.
Untukmenyiasatihalinikelompok kami mengadakansebuahpenelitian yang memanfaatkanbuahbintaro, buahdaritanamanpenghijauan di sepenjangjalandaerahBojonegorountukdijadikanobatnyamukbakar. Buahbintaro yang mengandungracundapatmembuatnyamukmati, danmenjadikansalahsatu alternative bagimasyarakatBojonegorodalammelindungitubuhdarigigitannyamuk.

1.2            RumusanMasalah
a.     Bagaimanacaramengatasinyamukmenggunakanbubin?
b.     Bagaimanakahpengaruhbubinterhadapnyamuk?
c.      Bagaimanaperbandinganobatnyamukbakarbubindanobatnyamukbakarbiasa?

1.3            Tujuan Penelitian
a.     Mengetahuicaramembasminyamuk
b.     Mengetahuipengaruhbubinterhadapnyamuk
c.      Mengetahuitingkatkematiannyamuk yang di beriobatnyamukbubindanobatnyamukbiasa

1.4            Manfaat Penelitian
a.     Bagipenilitidapatmenambahwawasanbarutentangcara yang lebihefektifdanefisiendalammembasminyamuk.
b.     Bagikhalayakumumdapatmenjadisebuahpilihansebagaiupaya yang dapatdilakukanuntukmembasminyamuk.

1.5            BatasanMasalah
Batasanmasalahdalampenelitianiniadalah
a.     MetodePengumpulan Data
Metodepenelitian data yang kamilakukanhanyasebatas data yang di perolehdari 2 perlakuan yang berbedaterhadapnyamuk
b.     RuangLngkup
RuanglingkupdalampenalitianinihanyasebatasdaerahBojonegoro.





II.              KAJIAN PUSTAKA

2.1BUAH BINTARO
            Buah Bintaro (Carbera Manghas), kerap hanya dijadikan sekedar tanaman perindang jalan. Ternyata tanaman ini baik juga difungsikan sebagai penahan abrasi laut karena tahan terhadap salinitas tinggi. Selain itu, buah Bintaro juga di percaya sebagai buah yang dapat mengusir berbagai hewan parasit yang tidak menguntungkan bagi manusia seperti nyamuk, tikus, dan lain sebagainya.
            Buah Bintaro berbentuk bulat dan berwarna hijau pucat ketika masih mentah dan akan berubah menjadi merah ketika tua. Buah Bintaro merupakan buah drupa (buah biji) yang terdiri dari tiga lapisan, yaitu epikarp atau esokarp (kulit bagian terluar buah), mesokarp (lapisan tengah berupa serat seperti sabut kelapa), dan endokarp (biji yang dilapisi kulit biji atau testa).
            Walaupun berbentuk indah namun buah Bintaro tidak dapat dikonsumsi karena mengandung zat yang bersifat racun terhadap manusia. Menurut Dr. Ir. Desrial MEng selaku Ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian IPB, didalam buah Bintaro mentah ada kandungan racun sianida, tapi mudah sirna jika terpapar sinar matahari. Selain itu, daun, buah, dan kulit batang Bintaro mengandung saporin. Daun dari buahnya juga mengandung polifenol, dan kulit batangnya mengandung tanin.

2.2  NYAMUK
            Nyamuk adalah serangga yang tergolong dalam ordo Diptera. Contoh berbagai macam jenis nyamuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochelerotatus, Aedes, Sobethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus. Nyamuk memiliki dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki yang panjang. Perlu diketahui, hanya nyamuk betina yang menghisap darah, karena nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur.
            Apa penyebab rasa gatal yang diakibatkan gigitan nyamuk? Ternyata air liur nyamuk yang tertinggal dikulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu maka, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi dan yang terjadi kulit menjadi bentol-bentol dan gatal.
            Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis dan virus Nil Barat.

2.3 OBAT NYAMUK
            Obat nyamuk dengan bahan kimia bisa mengganggu kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Merujuk pada penelitian Indonesian Pharmaceutical Watch (2011), obat nyamuk yang beredar dipasaran mengandung senyawa kimia berbahaya bagi kesehatan manusia antara lain, dikhlorovos, yang dapat merusak sistem saraf, mengganggu sistem pernapasan dan kerja jantung. Senyawa kimia lain yang ditemukan adalah propoxur (karbamat). Jika terhirup atau terserap tubuh manusia, senyawa tersebut dapat mengaburkan penglihatan, menyebabkan pusing, sakit kepala, serta berpengaruh buruk pada hati dan sistem reproduksi. Berikut ini beberapa macam jenis  obat nyamuk :

1. Obat nyamuk bakar
Obat pengusir nyamuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar banyak digunakan karena harganya lebih murah dibandingkan dengan obat anti nyamuk berbentuk cair yang beredar dipasaran. Menurut Dr. Rita Kusriastuti, MSc, Direktur Pengendalian Penyakit Binatang (Dit P2B2), Ditjen PP dan PL Kementrian Kesehatan mengatakan bahwa, masyarakat menengah ke bawah paling banyak manggunakan obat nyamuk bakar karena harganya terjangkau. Namun, obat nyamuk bakar dapat menimbulkan dampak negatif yaitu, bisa menyebabkan mata pedih dan sesak napas.

2. Obat nyamuk oles
Bagi manusia, nyamuk adalah serangga yang mengganggu. Untuk menangkal serangan, berbagai obat pun dibuat oleh manusia, salah satunya adalah obat nyamuk oles. Namun, baru-baru ini, para peneliti di London School of Hygiene dan Tropical Medicine menemukan fakta bahwa kini, nyamuk sudah mulai kebal terhadap obat oles penangkal nyamuk.

3. Obat nyamuk semprot
Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementrian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menyatakan, obat nyamuk semprot tenyata tidak hanya dapat digunakan sebagai pembasmi nyamuk tetapi juga untuk membasmi serangga tomcat yang mewabah beberapa waktu lalu.










III.          METODE PENELITIAN

3.1            WaktuPenelitian
Penelitiandilakukanmulaitanggal 4 Februari – 14 Maret 2013.

3.2            TempatPenelitian
Penelitianinidilakukan di rumah Frida Rahmawati Jl. PanglimaPolimGang Mangga 2 69CBojonegoro

3.3            MetodePenelitian
3.3.1    JenisPenelitian : Eksperimen
3.3.2    AlatdanBahan :
1.     Alat :
-         Aludanpemukul
-         Baskom 2 buah
-         Pengaduk 1 buah
-         Kayupenghalus
2.     Bahan :
-         Dagingbuahbintarokering 4 buah
-         Lem kayu 1 gram
-          
3.3.3    ProsedurPenelitian
1.     PembuatanObatNyamukBubin
2.     Keringkan 4 buahbintarohinggabenar-benarkeringlaluhaluskandagingbuahbintarodenganmenggunakanaludanpemukulhinggamenjadi semi serbuk. Letakandalambaskom.
3.     Siapkansebuahbaskomuntuktempatmencampurantaraserbukbintarodenganlemkayukuranglebih 1 gram. Adukhingga rata danbercampurdenganmenggunakanpengaduk.
4.     Ambilsedikitadonanuntuk di pipihkandenganmenggunakankayupenghalushinggamenjadilembaran-lembaran. Lalukeringkan di bawahsinarmataharihinggabenar-benarkering.


Ujicobapadanyamuk
1.     Bakarobatnyamukbubinhinggamunculasap. Letakan padasebuahruangan yang banyaknyamuk.
2.     Tutuppinturuangandantunggukuranglebih 5 menit. Periksakembaliapakahsudahmatinyamuk yang adapadaruangantersebut.































IV.         HASIL DAN PEMBAHASAN


Berdasarkan hasil pengamatan maka data yang di peroleh adalah sebagai berikut :

4.1 Data gambar







Pada hasil pengamatan terlihat bahwa obat nyamuk bakar bubin dapat digunakan sebagai bahan alternatif yang dapat di gunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam membasmi nyamuk. Obat nyamuk bakar bubin ini mengandung racun yang dapat membunuh nyamuk secara efektif seperti yang terlihat pada gambar di atas. Racun yang terkandung pada bubin tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Menurut penelitian dari IPB racun yang terkandung pada buah bintaro tidak menyebabkan efek samping pada kesehatan manusia hanya menyebabkan keracunan pada hewan seperti tikus dan nyamuk bahkan menyebabkan kematian pada hewan tersebut.

4.2 Data pengamatan waktu tingkat kematian nyamuk yang diberi perlakuan berbeda.

Perlakuan
Waktu
Keterangan
OBAT NYAMUK BAKAR BUBIN
5 menit
MATI
OBAT NYAMUK BAKAR BIASA
5 menit 35 detik
MATI


Berdasarkan pengamatan dari percobaan yang kami lakukan pada tanggal 1 maret 2013, dapat kita ketahui bahwa obat nyamuk bubin dapat membunuh nyamuk dengan waktu 5 menit agar nyamuk mati. Sedangkan dengan menggunakan obat nyamuk biasa dapat kita ketahui dari percobaan diatas bahwa obat nyamuk biasa memerlukan waktu 5 menit 35 detik untuk mendapatkan nyamuk dalam keadaan mati.
Dari kedua perlakuan yang berbada dalam percobaan yang kami lakukan dapat diketahui bahwa tingkat keefektifan obat nyamuk bubin lebih tinggi dari pada obat nyamuk bakar biasa, hal ini dikarenakan racun ___ yang terkandung dalam buah bintaro dapat membuat nyamuk tidak terkendali (lemas) lalu mati. Dibandingkan dengan obat nyamuk biasa yang mengandung d-allethrin 0,3% w/w yang pada kenyataanya memerlukan waktu yang lebih lama di banding dengan menggunakan obat nyamuk bubin.















V.             KESIMPULAN DAN SARAN


5.1      Kesimpulan
1.     Penggunaan obat nyamuk bubin lebih murah dan efek dari pada racunnya tidak berbahaya bagi manusia.
2.     Efek obat nyamuk bakar bubin yaitu dapat membuat nyamuk cepat mati dibandingkan dengan obat nyamuk bakar biasa.
3.     Obat nyamuk bakar bubin lebih efektif digunakan untuk membasmi nyamuk dibanding obat nyamuk bakar biasa.

5.2      Saran
1. Untuk membasmi populasi nyamuk yang semakin meningkat sebaiknya menggunakan obat nyamuk bakar bubin karena lebih ekonomis, efek racunnya tidak berbahaya bagi manusia dan lebih efektif.
2. Untuk dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan buah bintaro.




DAFTAR PUSTAKA








LAMPIRAN


4.3  Data pengamatan tingkat kematian nyamuk

1.     Pengumpulan buah bintaro sebagai bahan pembuatan obat nyamuk bakar bubin.
Keterangan : Buah bintaro yang jatuh alami
Keterangan : Buah bintaro yang sudah di keringkan.







2.     Proses pembuatan obat nyamuk bubin
 











                     

                      Keterangan : pembuatan serbuk buah bintaro

Tidak ada komentar: